Get Gifs at CodemySpace.com

Rabu, 28 Desember 2011

Warta 25 desember 2011


KESATUAN UNTUK BANGKIT MENJADI TERANG
Yesaya 60:1-2
Bangkitlah, menjadi teranglah, sebab terangmu datang, dan kemuliaan TUHAN terbit atasmu. (1)

Seperti tema tahunan dari gereja kita untuk bangkit menjadi terang demikianlah tema natal ditahun ini. Tema ini bukan hanya sekedar slogan bagi kita namun harus dihidupi dalam kehidupan keseharian kita.  Lalu bagaimanakah caranya agar kita benar-benar bisa menghidupi dan memaknai tema tahunan kita ini ; 

1.      Kita perlu sadar bahwa kita adalah terang dunia (Mat 5:15).
Untuk membuat terang itu bisa muncul dalam kehidupan kita sehari-hari yang dibutuhkan pertama adalah kesadaran dari dalam diri kita siapakah sejatinya diri kita. Matius mencatat Tuhan Yesus dengan jelas mengatakan bahwa kita adalah terang dunia. Kalau Tuhan Yesus sendiri yang mengatakan hal itu, itu berarti kita diberi identitas yang pasti. Problemanya adalah mau atau tidak kita menemukan identitas pribadi kita atau justru meskipun kita tahu kita tidak mau menunjukkan keberadaan kita? Jadi kita harus sadar siapa kita. 

2.      Harus mengerti tujuan Tuhan (Mat 5:15-16).
Sebagai terang dalam kehidupan kita ini kita harus mengerti apa yang Tuhan inginkan dari fungsi terang itu. Tuhan Yesus dengan jelas berkata bahwa terang itu ditaruh ditempat yang paling tinggi untuk berguna bagi orang yang ada disekelilingnya. Inilah maksud Tuhan bahwa setiap kita harus memiliki fungsi dalam kehidupan ini sehingga lewat apa yang kita kerjakan nama Tuhan akan dipermuliakan.

3.      Untuk menjadikan terang itu bersinar perlu sebuah kesatuan (Amos 3:3).
Terang yang baik adalah ketika terang itu memiliki efek yang luas. Ketika Tuhan Yesus berkata kita adalah pelita mengasumsikan bahwa kita adalah sesuatu yang berguna. Dan pelita akan bercahaya lebih berguna ketika pelita itu berada ditempat yang tepat dan bisa berdampak lebih positif dari kondisi sebelumnya. Pelita itu akan bisa berguna lebih baik ketika pelita itu tidak hanya satu. Ketika pelita itu dalam jumlah yang banyak akan lebih kuat terangnya. Dibutuhkan sebuah kesatuan supaya terang itu bersinar lebih kuat baik kesatuan  dalam keluarga ataupun kesatuan dalam gereja dan dimanapun Allah mengijinkan kita bekerja sehingga cahaya yang dihasilkan akan lebih kuat. Dan yang terlebih penting lagi adalah ketika kita mempersatukan diri dengan Allah karena Dialah sumber terang.
                                      TUHAN  MEMBERKATI  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar