Get Gifs at CodemySpace.com

Senin, 14 November 2011

WARTA 13 NOVEMBER 2011

Bersukacitalah
Filipi 4:1-9

Bersukacitalah senantiasa dalam Tuhan! Sekali lagi kukatakan: Bersukacitalah! (4)

            Sukacita merupakan paradoks luar biasa, bahkan bisa dikatakan kontradiksi. Di satu sisi manusia manapun berkeinginan hidup dipenuhi dengan sukacita, tapi di pihak lain merasa sulit sukacita. Ketika manusia berjuang untuk mencapai sukacita, Sukacita jauh sekali untuk dapat diraih. Akhirnya manusia memakai cara yang sangat gawat untuk sekedar mendapatkan sukacita yaitu dengan mencari hiburan. Dunia hiburan dihargai luar biasa mahal, hanya demi sedikit sukacita. Namun apakah itu mendatangkan sukacita sebenarnya?, lalu bagaimana cara kita mendapat sukacita dengan benar ;  
  1. Mengembalikan dan  memusatkan hidup kepada Tuhan
Dalam hidup Paulus memberitakan Injil dengan caraNya yang ajaib Tuhan membuat Paulus bersukacita. Sukacita tersebut dimulai ketika dia mengembalikan hidup kepada Tuhan, bersandar kepada Tuhan, berpusat kepada Tuhan. Inilah kunci pertama.. Kalau kita mengandalkan diri kita sebagai pusat maka kita akan mengalami kegagalan dalam meraih sukacita. Sebaliknya jika kita memusatkan pikiran kepada Tuhan kita akan peroleh sukacita sejati. Jika kita berpusat kepada Tuhan, kita bisa memposisikan diri secara tepat. Kalau kita hidup dengan menetapkan ambisi diri yang besar, posisi yang tinggi, maka seumur hidup kita akan tercekik. Hiduplah seperti yang Tuhan tetapkan, di porsi yang Tuhan berikan, dan kita akan menikmati sukacita yang melimpah dari Bapa Sorgawi.
  2.     Menjadi berkat bagi orang lain.
Seluruh dunia tahu bahwa terlebih baik memberi daripada menerima, berbuat baik akan mendatangkan sukacita. Tetapi sayang, hal ini diputar balik menjadi: supaya saya bersukacita maka saya berbuat baik kepada orang lain. Hal itu justru tidak mendatangkan sukacita karena balasan yang diterima  sering tidak sesuai dengan yang diinginkan. Seberapa jauh kita belajar menjadi berkat di tengah dunia yang makin lama makin egois? Orang yang egois, yang menarik semua untuk kepentingan diri, tidak akan pernah bersukacita. Jadilah berkat bagi orang lain, kita akan bersukacita.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar